contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru

contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru adalah artikel yang akan saya bahas untuk bisa di ambil informasi dan file didalamnya sebagai referensi pembuatan program ekstrakurikuler pramuka.

contoh program ekstrakurikuler pramuka untuk tingkat sd
contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru
Tujuan umum ekstrakurikuler pramuka untuk sd
Secara umum tujuan dari kegiatan pramuka ekstra adalah untuk menampung dan menyalurkan bakat dan minat anak. Baik yang bersifat fisik maupun mental. Sedangkan secara khusus kegiatan ekstra pramuka memiliki tujuan untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada siswa, baik secara fisik  ( jasmani ) maupun mental ( rohani ).


Ruang Lingkup Kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk sd
Raung lingkup kegiatan ekstra pramuka mencakup 2 hal yaitu :
1.      Fisik
Kegiatan fisik yang dikembangkan dalam kegiatan ekstra pramuka dikemas dengan berbagai macam kegiatan seperti PBB, haling rintang, wade game atau penjelajahan, permainan, dan lain sebagainya. Meskipun kegiatan ini sangat melelahkan tetapi selalu dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan. Sehingga rasa lelah tidak terasa.
2.      Mental
Selain kegiatan fisik, aspek mental juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan pramuka. Bentuk kegiatan yang dapat diaplikasikan untuk kegiatan ini antara lain renungan malam, mapun kegiatan salat berjamaah.

Manfaat Kegiatan ekstrakurikuler pramuka sd
Kegiatan ekstra pramuka sangat beraneka ragam. Tentunya dari berbagai kegiatan itu memiliki manfaat yang beraneka ragam juga.
Diantara manfaat kegiatan ekstra pramuka antara lain :
1.      Meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Memupuk jiwa kedisiplinan, bertanggung jawab.
3.      Mengembangkan rasa percaya diri dan berani
4.      Memupuk jiwa seni
5.      Meningkatkan rasa cinta pada sesama, lingkungan, tanah air dan bangsa
6.      Menumbuhkembangkan rasa kesetiakawanan social

Hasil Yang diharapkan kegiatan pramuka
Kegiatan ekstra mengemban tugas yang mulia dalam mengmbangkan potensi anak didik. Telah dijelaskan tadi bahwa, bukan hanya fisik saja yang dikembangkan tetapi juga mentalnya. Selain itu juga dikembangakn berlatih hidup secara mandiri maupun belajar menghargai orang lain dalam kelompok. Sebagian besar potensi yang ingin dikembangkan tercover dalam Syarat Kecakan Umum. Potensi yang ingin dikembangkan sesuai dengan tingkatan pramuka. Mulai siaga mula, siaga bantu maupun siaga tata. Begitu juga dengan penggalang, baik penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap. Di Syarat Kecakan Umum sudah tercantum aspek fisik, maupun mental yang harus dikuasai anak berdasarkan tingkat pramuka.
Pada muaranya siswa yang mengikuti ekstra pramuka akan memiliki jiwa yang termaktub dalam dwi darma dan dwi satya bagi pramuka siaga dan dasa darma dan tri satya untuk penggalang.

contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru- silahkan filenya dapat didownload pada tautan link di bawah ini:
Program ekstrakurikuler pramuka
Demikian artikel contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru ini saya buat, semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "contoh program ekstrakurikuler pramuka sd terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel